Obyek wisata yang satu ini merupakan situs peninggalan sejarah kerajaan yang tertua yang ada di Bali yang beralamat di Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761. Nama obyek wisata ini adalah Taman Gili Kertha Gosa atau Kerta Gosa. Bercerita mengenai kota Klungkung, kota ini sering juga disebut dengan kota Serombotan. Serombotan bukanlah sebuah nama obyek wisata teman, melainkan suatu jenis makanan. Kuliner yang terbuat dari beberapa jenis sayur dan parutan kelapa dengan bumbu agak pedas. Cita rasa yang enak dan khas dengan sayuran segar akan membuat anda ketagihan jika mencobanya,,, mantaap!!!

Banyak obyek wisata yang bisa anda kunjungi di kota Klungkung seperti Taman Gili Kertha Gosa (Kertagosa), Monumen Puputan Klungkung, Nusa Penida, Nusa Lembongan, Museum Lukisan Bakas, Pura Goa Lawah, Pasar Tradisional, Pantai Watu Klotok, Pura Taman Sari. Tidak ketinggalan rumah makan  yang menjual olahan serombotan dan sate laut Pesinggahan. Untuk melancarkan anda di dalam bepergian, tentunya anda akan membutuhkan biro jasa perjalanan yang terbaik di Bali. Kami juga melayani sewa mobil dan juga Paket tour murah di Bali yang tentunya akan memanjakan anda di dalam berwisata di Pulau Dewata Bali.

Taman Gili Kertha Gosa

Kabupaten Klungkung adalah kabupaten terkecil di provinsi Bali. Ibukotanya berada di Semarapura. Klungkung berbatasan dengan Kabupaten Bangli di sebelah utara, Kabupaten Karangasem di timur, Kabupaten Gianyar di barat dan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Sepertiga wilayah Kabupaten Klungkung (112,16 km²) terletak di antara pulau Bali dan dua pertiganya (202,84 km²) lagi merupakan kepulauan, yaitu Nusa PenidaNusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Perang Puputan Klungkung

Puputan Klungkung diawali oleh peristiwa Perang Gelgel yang meletus tanggal 18 April 1908. kemudian tanggal 21 April 1908 Belanda mengerahkan angkatan lautnya dari pantai Jumpai dan keesokan harinya mendarat di Kusamba dan menyerang Klungkung dari arah timur, barat, dan selatan. Raja Klungkung I Dewa Agung Jambe beserta keluarga dan rakyat bertempur habis-habisan (Puputan) sampai gugur.

Ini adalah perlawanan bunuh diri yang sarat ritual oleh penguasa dan pengikut mereka terhadap detasemen pasukan kolonial Belanda yang dipersenjatai dengan baik. Pada akhirnya hampir dua ratus orang Bali terbunuh oleh peluru Belanda.

Setelah kejadian ini, Klungkung ditempatkan di bawah pemerintahan langsung Belanda. Pada tahun 1929 keponakan penguasa terakhir Dewa Agung Oka, diangkat menjadi bupati oleh penguasa kolonial. Pada tahun 1938 statusnya dan tujuh bupati Bali lainnya diakui kedaulatannya sebagai zelfbestuurder atau raja. Setelah pembentukan negara Indonesia kesatuan di 1949-1950, jabatan raja telah dihapuskan di Bali dan di tempat lainnya. Gelar Dewa Agung tidak dipergunakan lagi seiring dengan kematian Dewa Agung Oka Geg pada tahun 1964. Anggota-anggota keluarganya sejak itu beberapa kali terpilih untuk memimpin Klungkung sebagai bupati.

DAYA TARIK KOTA TAMAN GILI KERTA GOSA

Untuk masuk ke Obyek- obyek wisata yang ada di kabupaten Klungkung, anda akan dikenakan biaya seperti tiket masuk dan biaya parkir. Informasi mengenai tiket masuk dan biaya parkir lainnya bisa anda lihat di bawah ini secara lengkap dan ter-update 2017.

Tiket Masuk Kertha Gosa dan Obyek Wisata di Klungkung

 Wilayah Tempat Wisata Tiket Masuk 2017
Klungkung Kerta Gosa & Taman Gili Dewasa: Rp. 12.000/Orang
Anak: Rp. 6.000/Anak
Klungkung Goa Lawah Dewasa: Rp. 6.000/Orang
Anak: Rp. 4.000/Anak
Sewa sarung: Rp. 4.000
Klungkung Pantai Kusamba Gratis
Klungkung Desa Kamasan Gratis
Klungkung Goa Jepang Klungkung Gratis
Klungkung Air Terjun Tukad Undu Gratis
Klungkung Rafting Sungai Melangit (Bakas Levi) Dewasa: Rp. 290.000/Orang
Klungkung Pura Taman Sari Klungkung Gratis

Kita kembali ke topik Taman Gili Kertha Gosa, Taman yang terletak tepat di jantung kota merupakan sebuah peninggalan sejarah kerajaan Klungkung. Banguanan utama dikelilingi kolam dengan air mancur dan beberapa bangunan terpisah. Kertha Gosa adalah salah satu obyek wisata andalan kabupaten Klungkung, Bali. Dibangun pada tahun 1686 oleh Dewa Agung Jambe. Taman Gili Kertha Gosa memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya. Kertha Gosa adalah bisa juga dikatakan sebagai tempat untuk melepas lelah  para kerabat raja.

Semarapura adalah sebuah kota yang paling kecil wilayahnya dan bisa kita lihat didalam peta lokasi Bali -Indonesia, batas sebelah timur itu adalah perbatasan Wates, Utara desa Selat, sebelah barat adalah desa Banjarangkan, dan sebelah selatan adalah pulau Nusa Penida.

Di tembok Taman Gili Kertha Gosa terpampang ukiran Bali tradisiona. Di dalamnya terdapat dua bangunan cantik dan tinggi yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang ( Taman Gili ). Disudut kanan setelah pintu gerbang terdapat bangunan disebut Bale Kertha Gosa dan bangunan yang di tengah kolam itu disebut Bale Kambang.

Lukisan Wayang di Kertha GosaLUKISAN WAYANG DESA KAMASAN

Setiap Bale terdapat lukisan wayang khas desa Kamasan yang terpampang di langit-langit atap. Lukisan ini menceritakan kisah kehidupan manusia yang diambil dari kisah Mahabaratha. Lukisan wayang Kamasan tersebut bukan hanya menceritakan tentang hal itu saja tetapi makna yang terkandung didalamnya  yang akan menjadikan pedoman dan fase kehidupan manusia agar menjadi manusia yang lebih berguna bagi negara dan masyarakat dari lahir, dewasa, tua dan kemudian mati. Kisah kisah yang juga menceritakan tentang dunia akhirat (Neraka) dan dunia alam nirwana (Sorga).

Disamping sebagai tempat bersantai bagi kerabat kerajaan, Taman Kertha Gosa ini juga biasa dijadikan sebagai balai pengadilan birokrasi kolonial Belanda di klungkung pada tahun 1908-1942 yang disahkannya seorang pribumi menjabat sebagai kepala daerah di kerajaan klungkung yang pertama kali yang bernama Ida I Dewa Agung Negara Klungkung pada tahun 1929. 

PASAR TRADISIONAL KLUNGKUNG

Sebelah timur Taman Gili Kertha Gosa terdapat sebuah pasar tradisional dan sampai sekarang ini biasa dipakai oleh masyarakat klungkung sebagai tempat jual beli keperluan setiap hari, baik itu untuk membeli sesajen, pakaian, maupun kebutuhan lainnya. obyek pura juga banyak terdapat di kota klungkung seperti Pura Taman Sari yang terletak di desa sengguan, Pura Goa Lawah, Pura Dasar Gegel, Pura Watu Klotok dan masih banyak lagi pura- pura yang lain yang bisa anda kunjungi. Terdapat Juga sebuah sungai yang cukup panjang dan lebar yang bernama sungai Kali Unda. Disungai ini sering sekali dijadikan tempat pemotretan prawedding karena memiliki waduk / Dam yang besar yang airnya mengalir dan jatuh bagaikan tirai, oleh karena itu sungai kali unda mulai menjadi terkenal dan parawisatawan menyebutnya dengan nama Tirai Air Terjun Kali Unda – Klungkung. 

Tirai air kali unda Klungkung
Tirai air kali unda Klungkung

Pada era pemerintahan Bupati Suwirta, banyak sektor yang sudah dibangun dan dikembangkan dengan sangat terarah, bisa kita lihat salah satunya adalah di sektor pariwisata seperti: membuat program desa wisata yang mencangkup wilayah Desa Kamasan, Desa Gelgel,  Desa Jelantik dan desa lainnya yang bertetanggaan, yang khususnya memperkenalkan hasil karya tradisional masyarakat klungkung kepada para wisatawan dan disatu sisi juga akan berperan untuk menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat klungkungitu sendiri. Moto kota klungkung adalah menjadikan kota klungkung sebagai kota yang bersih , aman , lestari dan indah. Oleh karena faktor tersebut masyarakat pun akan terkena dampak yang sangat bagus di bidang Ekonomi Perbaikan demi perbaikan sudah dilakukan oleh Bupati sekarang dan menjadikan kota klungkung mendapatkan penghargaan kota terbaik no 1 se-Bali. 

Okey guys,,,berlibur ke pulau dewata tanpa berkunjung  ke Taman Gili Kertha Gosa  tidakkah akan sempurna??? Saya berharap jawaban anda akan sama dengan apa yang saya pikirkan.

Peta Lokasi Kota Klungkung

Team Tiara Intan Bali Tours dan Balilbintours Car Rental mengucapkan selamat berlibur & have fun.

 

 

 

 

Comments

  1. Iseng sih klik di google…dan baca trus lihat gambarnya, sangat indah taman ini. Semoga tiara intan lebih memberikan informasi kepada para wisatawan,, juga dengan bahasa asing. Keep moving tiara.. Good bless u

    1. Selamat Malam,
      Kami sangat senang bapak memberikan saran dan masukan kepada kami dan
      mohon refrensi nya ya pak
      best Regard
      Tiara Intan Bali Tours

    2. SElamat Malam
      Terimakasih atas saran dan ide nya
      Kedepannya kami akan menjadi lebih baik. sekali lagi kami nantikan kunjungan anda berikutnya di Pulau Dewata Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *