obyek wisata bali air terjun - paket tour murah di bali

AIR TERJUN DI BALI

Salah satu obyek wisata favorit di Bali bagi para pelancong saat ini adalah obyek wisata air terjun. Selain karena tempatnya yang sangat alami dan asri, pengunjung juga dapat merasakan sensasi kesegaran airnya dengan mandi di bawah air terjun. Disamping itu, wisata air terjun di Bali selalu menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan sehingga sangat cocok untuk ber-selfie ria atau  foto bersama. Jika pengunjung ingin mandi di daerah wisata ini, mohon diperhatikan kondisi tempat tersebut karena beberapa air terjun di Bali memiliki arus yang deras dan berbahaya. Tanyakan kepada pemandu wisata anda tempat tersebut cocok dan aman untuk mandi dan pastikan anda membawa pakaian ganti.

Puluhan situs air terjun di Bali sangat yang menakjubkan. Tetapi kami hanya tampilkan 10 tempat wisata air terjun terfavorit di Bali yang sebagian besar memang terletak di Bali Utara dikarenakan wilayah ini merupakan daerah dataran tinggi di Bali.

 

1. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul adalah air terjun kembar yang terletak di desa Sekumpul Kabupaten Buleleng. Dengan pemandangannya yang masih asri, air terjun Sekumpul disebut-sebut sebagai yang terindah dari sekian air terjun di Bali.
obyek wisata air terjun di bali - air terjun sekumpul

Air terjun ini cukup dekat dengan air terjun Lemukih, hanya sekitar 2 km jauhnya. Maklum, Desa Kelurahan Lemukih Sekumpul memang tetangga. Untuk melihat air terjun Sekumpul dari jarak dekat, dibutuhkan sedikit usaha dan perjuangan yang cukup melelahkan.

Dari tempat parkir, Anda harus berjalan cukup jauh, menyusuri jalan tanah, menuruni ratusan anak tangga, dan menyeberangi sungai. Saat mengendarai sepeda motor, Anda masih bisa naik dari tempat parkir (dekat jendela tiket), sampai ujung jalan paving. Setelah di ujung jalan, Anda akan melalui jalan tanah yang sempit (jalan setapak). Tak lama menyusuri jalan setapak, Anda sampai di sebuah bale kosong (gazebo) dengan air terjun Sekumpul yang memikat.
Perkiraan durasi  kunjungan di air terjun ini paling sedikit 3 jam.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun tegenungan2. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bali khususnya para wisatawan lokal. Terletak di desa Kemenuh kabupaten Gianyar, sekitar 30 km utara dari ibukota Denpasar dan dekat dengan desa seni Ubud.Air terjunnya terisolasi namun telah menjadi daya tarik wisata yang populer untuk dijelajahi. Ini adalah salah satu dari sedikit air terjun di Bali yang tidak terletak di dataran tinggi atau wilayah pegunungan. Jumlah dan kejernihan air di lokasi ini bergantung pada curah hujan di daerah hulu.

Meskipun tidak berada di dataran tinggi atau daerah pegunungan namun tempat ini tetap menawarkan lingkungan hijau yang asri dan menakjubkan.Air terjun ini mencakup ketinggian yang bervariasi yang dapat naik setelah turun tangga untuk mencapainya.Daya tarik ini juga menampilkan titik pandang ke hutan dan air terjun di pintu masuk utama.

Kadang kala aliran sungai dibawah air terjun ini terbilang cukup deras, berhati hatilah bagi pengunjung yang ingin turun ke sungai.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun gitgit singaraja3. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng tidak terlalu jauh dari Lovina dan ibu kota Singaraja. Air terjun Gitgit dikenal sebagai salah satu yang tertinggi dan terindah dari sekian air terjun di Bali. Air terjun ini sudah menjadi daerah tujuan wisata favorit di Bali sejak belasan tahun silam karena daya tarik alam yang asri dengan udara segar bebas polusi dan airnya yang sangat sejuk serta jalur jembatan untuk memudahkan pengunjung melintasi kawasan ini.

Jika anda seorang pecinta alam, tempat ini pasti akan menjadi favorit anda karena Anda harus menyusuri jalan menanjak dan menuruh hingga sampai di tempat tujuan.  Anda bisa berkeliling dan melihat semua tanaman lokal, seperti vanila atau pohon cengkeh dan melihat cabai dan safron mengering di tanah.

Sebagai bonus tambahan, Anda juga akan mendapati kios kios yang menawarkan berbagai produk dan jika Anda pandai menawar, Anda bisa mendapatkan barang dan rempah – rempah dengan harga bagus di sini.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun Nungnung Petang Badung4. Air Terjun Nungnung

Bagi Anda pencinta wisata alam, Anda wajib mengunjungi tempat ini. Terletak di Desa Plaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Air Terjun Nungnung bisa dikatakan sebagai sebuah permata tersembunyi di Bali dan belum banyak diketahui orang. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Bali karena banyak pengunjung yang berbagi informasi lewat media sosial dan internet.

Untuk mencapai air terjun ini anda harus menuruni ratusan anak tangga yang sedikit curam jadi harus berhati-hati apalagi kalau sedang musim penghujan. Sepanjang perjalanan turun anda dapat menyaksikan berbagi serangga yang menarik dan laba-laba, sepanjang jalan seperti Anda tepat berada di tengah-tengah hutan dengan daerah sekitarnya sangat subur dan indah.

Anda juga bisa menemukan penjual kelapa muda disana, jadi ketiga anda kembali ke atas Anda dapat menikmati kelapa muda untuk menghapus rasa lelah setelah menaiki tangga.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun melanting buleleng5. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Laangan terletak di desa Munduk kabupaten Buleleng. Air terjun ini merupakan bagian dari perjalanan 2,5 jam, termasuk melintasi Air Terjun Tanah Barak / Air Terjun Karang Merah / Air Terjun Munduk.

Perjalanan menuruni tangga tangga yang sedikit licin karena lumut dan berlumpur karena curah hujan tinggi di kawasan ini. Kawasan  yang merupakan daerah perkebunan kopi, pala, vanili, cengkeh dan kakao dengan udara dingin dan lembab. Kita bisa mendengar burung bernyanyi dan bahkan anjing menggonggong karena dikawasan ini juga terdapat beberapa pemukiman penduduk.

Air terjun Melanting lebih tinggi dari dua air terjun lainnya dan merupakan favorit banyak wisatawan. Perjalanan tidak terlalu lama tapi cukup melelahkan karena menuruni anak tangga yang cukup curam. Namun keindahan alam yang asri menjadikannya sangat layak unutk dikunjungi.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun kanto lampo6. Air Terjun Kanto Lampo

Terletak tidak jauh dari kota Gianyar, air terjun ini merupakan salah satu tempat yang bagus untuk dikunjungi saat berada di Bali.

Dari area parkir, hanya sebuah tangga yang sangat kecil dilewati sampai Anda turun ke sungai. Sangat mudah diakses bahkan untuk orang tua / anak.

Begitu melewati tempat tiket, akan ada beberapa penduduk lokal dengan tag nama pada mereka sebagai pemandu wisata, mereka akan sangat berguna untuk menunjukkan batu mana yang harus ditempuh, dan bila Anda membutuhkan seseorang untuk membantu pengambilan gambar Anda, itu yang terbaik.

Selain air terjun utama, ada juga air terjun kecil namun jauh lebih kuat disampingnya sekitar 5 menit berjalan melewati sungai. Dengan pemandu wisata menjadikan perjalanan anda jauh lebih mengesankan.

Gunakanlah pakaian renang begitu Anda turun, karena Anda akan menjadi basah. Ada ruang ganti sederhana bagi Anda untuk cuci dan berganti setelah aktivitas.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun aling aling Buleleng7. Air Terjun Aling Aling

Air terjun Aling Aling terletak di desa Sambangan dekat Lovina, kabupaten Buleleng. Anda akan melihat banyak sawah yang menawan dalam perjalanan menuju salah satu tempat wisata favorit di Bali ini.
Sangat dianjurkan untuk mengajak pemandu wisata untuk memudahkan Anda mencapai tempat ini karena minimnya petunjuk jalan.

Perjalanan turun ke lokasi air terjun tidaklah terlalu jauh tetapi Anda perlu memakai sepatu trekking karena medannya yang menantang. Dalam perjalanan turun Anda akan melihat tanaman yang indah dan air terjun yang dikelilingi oleh hutan yang menakjubkan.

Ada satu air terjun yang lebih besar dan lebih kecil untuk dilihat di tempat yang berbeda tetapi berdekatan satu sama lain. Setelah Anda berada di air terjun ini Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dan tempat ini sangat bagus untuk relaksasi. Air terjun terbesar hanya untuk dinikmati pemandangannya dan cocok meditasi. Sedangkan di air terjun yang lebih kecil, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga air seperti meluncur menuruni air terjun atau melompat turun dengan ketinggian 5, 10 atau 15 meter.

Jika anda ingin jalan jalan sambil memacu adrenalin, tempat ini sangat direkomondasikan untuk dikunjungi.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun tukad cepung8. Air Terjun Tukad Cepung

Satu lagi sebuah permata tersembunyi di Bali… Terletak di desa Tembuku kabupaten Bangli, tempat ini wajib dikunjungi bagi Anda para pecinta alam, pecinta petualangan dan penggemar foto.

Perjalan cukup melelahkan harus Anda lalui dari tempat parkir, dengan menuruni banyak anak tangga yang curam dan tinggi yang dikelilingi oleh hutan tropis. Dan bagian terakhir adalah melalui bebatuan dan masuk gua. Tetapi segala usaha melelahkan ini, akan terbayar ketika anda tiba di situs menakjubkan ini, air terjun yang sangat indah. Sangat eksotis dan mistis serta sangat bagus untuk berfoto ria.

Tidak ada biaya masuk, tapi Anda harus memberikan donasi/sumbangan sukarela. Ada banyak tempat duduk dan beberapa restoran lokal di sepanjang jalur perjalanan.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun lemukih9. Air Terjun Lemukih

Air Terjun Lemukih terletak sangat dekat dengan Air Terjun Sekumpul. Merupakan air terjun di Bali yang sangat indah dan pastinya salah satu yang terbaik di Bali.dengan tiga air terjun di tempat yang sama, 3 air terjun di 1 sisi dan 2 di sisi lain. Berhati-hatilah jika Anda berkunjung ke sana pada musim hujan karena Anda harus menyeberangi sungai beberapa kali dan volume air sungai bisa berubah seiring dengan turunnya hujan.

Sebuah keharusan untuk mengunjungi tempat ini, disamping air terjunnya yang menakjubkan, anda akan terhanyut dengan suasana alami yang sangat eksotis dan memukau. Waktu terbaik adalah di pagi hari karena Anda mungkin dapat menyaksikan pelangi. Tempat ini benar-benar indah. Air terjun tertinggi sekitar 95 meter.

Dianjurkan untuk membawa air mineral dan makanan ringan untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah perjalanan yang menantang ini.

 

obyek wisata air terjun di bali - air terjun peguyanga Nusa penida10. Air Terjun Peguyangan

Jika Anda berkunjung ke Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, kami anjurkan anda mengunjungi tempat menantang ini. Terletak di bagian atas Pulau Nusa Penida, Anda harus berjalan menyusuri ratusan anak tangga untuk sampai ke air terjun dengan waduk/tangki pengampungan air yang digunakan untuk minum dan sumber air bersih serta disucikan oleh masyarakat setempat.

Pastikan bahwa Anda cukup berani untuk turun tangga di ketinggian bibir pantai karena ini satu satunya akses menuju kesana. Jika Anda takut ketinggian, ini memang terlihat menakutkan, tetapi jalur ini sangatlah aman. Setelah perjalanan selesai Anda akan menemukan pemandangan indah yang sangat menakjubkan.

Catatan: mohon untuk menghargai dan menghormati masyarakat setempat agar tidak mandi atau berenang di tempat ini.

 

Semoga informasi obyek wisata air terjun di Bali ini bermanfaat untuk menambah referensi anda dalam merencanakan liburan anda di Bali. Tiara Intan Bali Tours siap menemani perjalanan anda

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *