Pemandian air panas alami yang terkenal di Bali dilihat dari segi  geografinya, bermuncullah  berbagai sumber air panas yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah di panaskan secara geotermal  dengan suhu 37 °C (suhu tubuh manusia), namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih.

Seiring perkembangan zaman, di Bali telah  bermunculan beberapa pemandian air panas alami yang terkenal di Bali, dan dari beberapa narasumber menyatakan pemandian air panas tersebut sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita seperti misalnya dapat merelaxkan badan, mengurangi sakit tulang, bahkan menormalkan peredaran darah yang ada ditubuh kita. Tidak hanya itu di berbagai obyek pemandian air panas alami yang terkenal di Bali sekarang sudah di tata sedemikian rupa untuk menarik minat para wisatawan untuk datang kesana.

Sarana dan Prasarana menuju Pemandian Air Panas Alami Yang Terkenal Di Bali

Pasti terasa membosankan jika ke obyek wisata hanya bisa berfoto, makan, dan berjalan – jalan ??? Bagaimana kalau saya sarankan anda untuk mencoba salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di Bali, saya yakin anda tidak ingin berhenti berendam, karena anda akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitarnya. Bagaimana, ada tertarik bukan ??? Jika anda datang ke Bali dan ingin mengunjungi obyek tersebut, jangan khawatir! Di Bali sudah tersedia Sewa Mobil Bali dan klik Paket Perjalanan Wisata Bali.  

pemandian air panas alami yang terkenal di Bali banyak ditemui dikawasan Bali tengah dan Bali utara, karena di kawasan ini ada 3 gunung berapi yang masih aktif, yang membuat sumber air tanah alami menjadi panas.

Nama dari tiga gunung berapi yang masih aktif di Bali adalah:

  1. Gunung Agung.
  2. Gunung Batur.
  3. Gunung Batukaru.

Semua pemandian air panas alami yang terkenal di Bali airnya mengandung belerang. Walaupun belerang tidak berbahaya bagi tubuh manusia tapi jika anda yang memiliki alergi terhadap belerang, sebaiknya jangan ikut berendam. 

Beberapa pemandian air panas alami yang terkenal di Bali

 

1. Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani

 

Pemandian air panas alami yang terkenal di Bali yang salah satunya adalah Pemandian air panas Toya Bungkah terletak di  Desa Batur, Kabupaten Bangli dan berjarak sekitar 90 kilometer dari Kuta. Berdasarkan dari namanya, Toyo Bungkah berasal dari bahasa sansekerta yang  dimana kata “toya” yang artinya air dan “bungkah” yang berarti batu-batuan. Jadi Toyo Bungkah dapat diartikan air yang mengalir dari celah-celah bebatuan yang berasal dari kaki Gunung Batur. 

pemandian air panas alami yang terkenal di Bali
pemandian air panas alami yang terkenal di Bali
Pengelola Obyek Wisata Air Panas

Kawasan obyek wisata Toyabungkah ini dikelola oleh desa Pekraman Batur yang kemudian diberi nama Batur Natural Hot Spring atau yang lebih populer disebut dengan Toya Devasya yang merupakan salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di Bali. Toya Devasya memiliki suhu air 50° Celcius. Tetapi pada saat air panas di alirkan ke kolam pemandian, akan ada penurunan suhu air dan menjadi sekitar 37° – 40° Celcius. Penurunan suhu air panas dari sumber sangat tinggi, kira – kira 10° Celcius. Karena daerah pemandian berada kawasan pegunungan dengan suhu sejuk. Jadi anda tidak usah kawatir untuk berendam di kolam tersebut. 

Ada empat jenis kolam di pemandian air panas Toya Bungkah :
  1. Kolam untuk berenang.
  2. Kolam anak-anak.
  3. Kolam terapi.
  4. Kolam untuk berjemur.

Tentunya anda tidak salah pilih, Toya Dvasya yang merupakan salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di Bali yang memiliki pemandangan Danau Batur terhampar di depan kolam renang. Sejumlah orang terlihat memancing di sisi danau. Banyaknya pemancing yang memancing ikan disana dikarenakan kawasan tersebut sangatlah cocok untuk perkembangbiakan ikan mujair yang dimana menjadi menu masakan favorit yang ditawarkan di kawasan Toya Devasya. Disediakan pula berbagai fasilitas gazebo ( balai peristirahatan ) untuk menempatkan barang – barang bawaan anda, toilet, restaurant, dll. 

Peta Lokasi Pemandian Toya Bungkah

 

2. Pemandian Air Panas Angseri

Lokasi lain yang merupakan pemandian air panas alami yang terkenal di Bali yaitu Sumber air panas Angseri, yang berada di kaki Gunung Batukaru di wilayah Tabanan yang subur dan asri yng berlokasi di Angseri, Bangli, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali dimana satu jalur untuk menuju Pura Ulun Danu dan Pura Tanah Lot

pemandian air panas alami yang terkenal di Bali
Tiara Intan Bali

 

Kolam pemandian air panas Angseri Tabanan yang merupakan salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di Bali dapat dijadikan pilihan alternatif untuk berekreasi sekaligus untuk refleksi karena disini selain memiliki kolam tempat berendam, juga menyuguhkan pemandangan sawah, terletak di tengah-tengah hutan bambu, sehingga tempatnya asri dan hijau dengan berbagai pohon-pohon tropis, cukup menarik untuk dikunjungi, karena banyak hal – hal yang disuguhi disana diantaranya  selain dapat menikmati terapi air panas alam yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit maupun tulang  juga menjadi terapi mata dengan keindahan alam, termasuk keberadaan air terjun kecil di sebelah kolam pemandian.

Kolam Private 

Dan juga terdapat kolam private yang dapat menampung maksimal 5 orang dalam satu kolam private. yang hanya dapat digunakan maksimum 30 menit. Dengan private kolam ini jika anda bersama keluarga datang kesana pasti akan sangat menyenangkan,, Percaya dengan saya, jika tidak coba datang kesana. dengan Sewa Mobil Bali dan Paket Tour Bali. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari gazebo ( balai peristirahatan ), toilet, ruang ganti, warung makan, dll. 

PETA Lokasi Pemandian Air Panas Angseri

 

3. Pemandian Air Panas Penatahan Tabanan

 

Terletak di Jalan Buruan Penatahan, Desa Penebel, Kabupaten Tabanan. Kolam ini sama seperti kolam air panas lainnya yang juga mengandung belerang. Selain Kolam Panas Penatahan yang berada di Tabanan, ada juga Kolam Air Panas Angseri.

Memasuki areal utama pemandian Air Panas Penatahan ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan kebun-kebun yang tertata rapi serta 3 buah kolam pemandian untuk umum. Kawasan Air Panas Penatahan selain juga menyajikan keindahan sungai Yeh Ho serta pemandangan sawah di seberang sungai, dan suasana yang tenang dan damai. 

Jika anda datang kesini, kami menyediakan Sewa Mobil Bali dan Paket Perjalanan Wisata yang akan memanjakan perjalanan anda menjajaki pemandian air panas alami yang terkenal di Bali.

pemandian air panas alami yang terkenal di Bali
pemandian air panas alami yang terkenal di Bali

Dari sekian banyak pemandian air panas alami yang terkenal di Bali, ke 3  kolam pemandian umum yang kita bicarakan tadi sudah cukup buat anda untuk menikmati sensasi wisata air panas di Bali. Bagian dari kolam air panas Penatahan yaitu kolam pertama adalah kolam pemandian terkecil dan terletak paling berdekatan dengan pinggir sungai, dilengkapi sebuah pancoran bambu dengan aliran air panas, kolam inilah yang menyajikan sensasi berendam dengan air panas pada suhu sekitar 38 – 40 °C.

Kemudian kolam yang paling besar terletak di sebelah atas, sumber airnya dari air tawar biasa seperti kolam renang pada umumnya, bukan air panas yang mengandung belerang, kedalaman 115 -180 meter. Kolam ini anda bisa menyaksikan keindahan alam sekitarnya lebih maksimal termasuk hamparan sawah di seberang sungai Ho. Selain sebagai tempat wisata untuk orang dewasa tempat pemandian Air Panas Penatahan juga ideal sebagai tempat wisata Anak di Bali. 

Lokasi Pemandian Air Panas Penatahan

 

4. Pemandian Air Panas Banjar

 

Berlokasi di jalan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Merupakan salah satu pemandian air panas alami yang terkenal di Bali, Kolam ini mengandung belerang yang berfungsi menyehatkan tubuh, memudahkan peredaran darah, mengobati penyakit kulit, dan dapat, merelaxkan tubuh kita, Jika anda merasa banyak masalah atau beban maka datang kemari dengan Sewa Mobil Bali dan Paket Perjalanan Wisata yang kami sediakan unutk anda.

Gambar terkaitpemandian air panas alami yang terkenal di Bali
pemandian air panas alami yang terkenal di Bali

 

Pemandian air panas alami yang terkenal di Bali terbagi menjadi 3 jenis

Jika anda melihat, dari segi bentuk kolamnya yang berisi pancuran itu terlihat seperti yang ada di Pura Tirta Empul Tampak Siring, Gianyar. Tetapi bedanya disini mengandung belerang yang membuat air ini bersuhu panas. Suhu kolam ini mencapai 35 °C yang cukup untuk menghangatkan tubuh para wisatawan. Bagaimana anda penasaran bukan ??? baik saya akan memberikan informasi lebih jelas lagi.

Kolam Air Panas Banjar memiliki 3 buah kolam yang masing – masing memiliki kedalaman yang berbeda, yakni : 

  1. Merupakan kolam yang memiliki luas yang paling kecil diantara 2 kolam lainnya. Kedalamannya pun sangat dangkal hanya sedalam satu meter saja. Dia kolam ini terdapat 8 buah pancuran yang muncul dari 8 buah kepala naga yang mengeluarkan air dari dalam mulutnya. Biasanya para wisatawan yang mengajak anak-anak akan berenang atau berendam di kolam kecil ini.
  2. Merupakan kolam yang letaknya berdampingan dengan kolam yang pertama. Itu karena air yang berasal dari kolam satu akan di teruskan ke kolam dua juga melalui patung kepala naga. Namun yang berbeda adalah jumlah kepala naga yang mengeluarkan air di kolam kedua berjumlah 5 buah. Selain itu kolam kedua ini memiliki lebar yang sangat luas dan terluas di antara kolam lainnya. dengan luas sekitar 10 meter dan panjang 12 meter dengan kedalaman berfariasi mulai dari satu sampai dua meter membuat kolam kedua ini menjadi kolam favorit bagi para wisatawan dewasa untuk berenang dan menikmati pancuran air panas.
  3. Dan terakhir Kolam Panas ketiga yang merupakan kolam yang terpisah, dimana hanya terdapat tiga buah pancuran naga yang. Namun yang membuatnya jauh lebih berbeda adalah ketinggian dari pancuran patung naga ini mencapai 3,5 meter.

Lokasi Pemandian Air Panas Banjar

Anda tidak perlu khawatir, untuk  dengan transportasi di Bali, karena kami menyediakan Sewa Mobil Murah di Bali serta Promo  paket perjalanan liburan Tours.

Tiara Intan Bali mengucapkan selamat berlibur di Pulau Dewata Bali

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *