Suatu kebanggaan tersendiri bahwa tanah yang kita pijak merupakan salah satu tujuan obyek wisata terfavorit di dunia. Suatu kebanggaan bagi negara indonesia bahwa negara kita memiliki desa yang telah diakui  dunia karena kebersihan dan ramah tamah penduduknya.  Tiara Intan Bali Tours ingin sekali menceritakan lebih detil mengenai Desa Wisata Penglipuran Bangli Bali. Memperkenalkan kepada dunia bahwa Bali punya banyak harta karun untuk digali berupa keindahan alam dan keunikan budayanya.

Berlokasi di desa Kubu, kabupaten Bangli dan hanya 30 menit dari obyek wisata Kintamani dan Gunung Batur.  Desa ini berada pada ketinggian 600 – 700m di atas permukaan laut menyebabkan obyek tersebut sangatlah sejuk.

Daya tarik Penglipuran Bangli Bali

Lokasi desa tersebut tidaklah sulit untuk di jangkau dengan kendaraan roda empat maupun dengan sepeda motor. Desa ini merupakan desa adat yang masih tradisional dengan tatanan struktur bangunan yang hampir sama dan seragam. Seiring waktu dan perkembangan  pariwisata Bali, Desa Penglipuran Bangli merupakan aset yang sangat berharga bagi Bali saat ini. Desa Adat Penglipuran Bangli, desa yang tertata rapi, bersih dan didukung oleh masyarakat yang santun. Desa Adat Penglipuran Bangli sering dijadikan tempat pembuatan film dan menjadi semakin dikenal oleh wisatawan lokal maupun internasional.

Harga Tiket masuk obyek wisata Desa Penglipuran Bangli ter-update per 2017 
 
jenis Indonesia Asing
Dewasa Rp 15.000 Rp 30.000
Anak Rp 10.000 Rp 25.000

CARA MENUJU OBYEK WISATA PENGLIPURAN BANGLI

Bagaimana agar waktu anda tidak terbuang percuma dan perjalanan tidak  membosankan?
Caranya mudah saja. Dengan rental mobil Bali atau memakai jasa Paket Tour Tiara Intan Bali Tours yang salah satu tujuan wisata kami adalah Desa Penglipuran Bangli. Anda bisa duduk manis sambil menyaksikan keindahan alam Bali. Jangan lupa mengabadikan kenangan tersebut, maka liburan anda akan sangat berkesan untuk diceritakan kepada sanak saudara atau kerabat mengenai keindahan panorama Bali.

Selain Tanah Lot yang menduduki peringkat pertama obyek terfavorit di Bali, Desa Penglipuran Bangli juga mempunyai banyak peminat. Hal yang sangat menjanjikan bagi warga lokal untuk mendapatkan penghasilan lebih. Oleh karenanya banyak bermunculan penginapan dan restoran yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Penglipuran. 

DAYA TARIK DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI

Daya tarik Penglipuran Bangli Bali

Penglipuran ditetapkan sebagai desa wisata di Indonesia oleh pemerintah daerah pada tahun 1995. Keunikan berupa keseragaman bentuk bangunan pintu maupun pembagian struktur tata ruang di dalamnya. Pembuatannya juga masih menggunakan bahan alami seperti tanah liat dan bambu sebagai bahan dasar. Dan pada dasarnya untuk membangun peradaban manusia yang selalu mencintai alam sekitar. Inti dari konsep rumah yang ada di Penglipuran Bangli adalah untuk menjaga keseimbangan alam, dan menghilangkan kesenjangan sosial diantara masyarakat setempat. Keunikan pintu utama dari masing-masing rumah yang di sebut dengan “angkul-angkul” adalah keseragaman bentuknya dan hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Jenis bangunan yang lain pun mempunyai kemiripan  dan merupakan bentuk dari kekompakkan masyarakat akan seni dan budaya dan menjaga alam sekitarnya.

DILARANG BER-POLIGAMI

Luas dari area desa ± 115 hektar, sekitar 30 % dari lahan desa adalah hutan bambu. Setiap desa yang ada di Bali memiliki awig-awig atau peraturan yang sengaja dibuat dari kesepakatan masyarakat desa masing masing. Peraturan penduduk desa Penglipuran Bangli salah satunya adalah memiliki budaya dan tradisi untuk menghormati wanita. Karena adanya aturan desa yang melarang pria untuk melakukan poligami. Jika ketahuan melakukan poligami maka akan mendapatkan hukuman dikucilkan dari desa dan diperkenankan untuk kembali lagi ke desa tersebut. Bagi yang ketahuan mencuri akan dihukum dengan cara menyerahkan sesajen sebanyak lima ekor ayam dengan warna bulu ayam yang berbeda-beda sesuai perintah dari pemuka agama di pura leluhur dan itu semua akan memberikan efek yang sangat memalukan bagi yang melakukan maupun keluarganya . Maka dari itu kejahatan didesa penglipuran bisa ditekan sedemikian rupa. 

Penglipuran Bangli Bali

UPACARA NGABEN

Adat istiadat di desa Penglipuran Bangli  juga sedikit berbeda dengan dengan adat istiadat dengan desa lainnya yang ada di Bali, seperti pada upacara Ngaben. Upacara ngaben di Bali pada umumnya adalah suatu upacara yang pada hakikatnya untuk menyucikan badan kasar dan roh manusia agar bisa di terima oleh tuhan dengan cara di bakar dengan sesajen yang sudah disiapkan sesuai adat istiadat masing-masing desa. Tetapi didesa penglipuran ini sedikit berbeda karena mereka tidak memiliki adat budaya ngaben tetapi hanya mempunyai sistem penguburan. 

Kita kembali sejenak mengenai tata letak bangunan ,,,Tepat di ujung sisi utara berdiri sebuah bangunan suci berupa Pura Penataran. Pura ini adalah sebuah tempat beribadah bagi para penduduk yang beragama Hindu. Sedangkan ruang tengah terdapat perumahan penduduk dengan gaya arsitektur khas Bali yang terbagi ke dalam dua jajaran, yaitu sisi barat sebanyak 38 rumah dan timur sebanyak 38 rumah. Jalan desa sebagai pemisah di tengahnya dibangun menggunakan batusungai dan kendaraan dilarang untuk memasuki area jalan tersebut. Sedangkan di sisi selatan adalah ruang nista mandala atau tempat bagi para manusia yang telah meninggal alias areal pemakaman.

Setelah berjalan kaki cukup jauh diantara rumah ke rumah penduduk, pastinya anda akan kelelahan dan haus, saya sarankan anda untuk mencoba minuman tradisional khas penduduk setempat. Namanya adalah Loloh Cemcem. Minuman ini bisa menghilangkan rasa haus anda dan juga bisa menyembuhkan penyakit anda seperti penyakit sakit tenggorokan, perut kembung, sariawan,dan lain sebagainya.

PETA LOKASI DESA PENGLIPURAN BANGLI

Berlibur dipulau Dewata Bali tidaklah akan lengkap tanpa mengunjungi obyek wisata yang satu ini dan anda pun akan mendapatkan suatu pengetahuan mengenai desa wisata terbersih di Bali dan merupakan salah satu andalan obyek wisata di kabupaten Bangli-Bali.
Team Tiara Intan Bali Tours mengucapkan selamat berlibur dipulau Dewata Bali.

 

Comments

  1. tolong artikel nya di berikan nama dan alamat tempat restoran yg terdekat Agar permudah pembaca dan informasi tersebut sangatlah berguna bagi traveling pada khususnya

    1. Selamat Malam
      Siap,, akan kami infokan secepatnya terupdate 2017
      dan semoga artikel kami akan sangat berguna bagi seluruh traveler
      Team Tiara Intan Bali tours mengucapkan Terimakasih

  2. Saya sering mengikuti web tiara ini,, dan setelah tiang baca saya suka sekali dengan rute perjalanannya,, maju terus Tiara Intan Bali Tours

    1. Selamat Malam
      Untuk pergi ke obyek penglipuran sudah barang tentu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, untuk itu kami siap menghantar anda dengan memakai jasa sewa mobil terbaru kami.
      Terimakasih telah membaca artikel kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *