Indahnya panorama yang dimiliki pulau Bali merupakan hasil karya dari Sang Pencipta alam dan Itu dibuktikan dengan adanya pura Uluwatu Bali dan tari kecak. Obyek wisata dan seni budaya Bali yang menjadi perbincangan para traveler dan selalu menarik perhatian dunia. Bali yang didukung oleh sumber alam dan daya manusia selalu berusaha melestarikan alam dan tradisi agar tidak punah tertelan jaman. Kami sebagai salah satu putra Bali akan selalu menjunjung tinggi dan melestarikan nilai-nilai seni dan budaya Bali. Sebagaimana hal ini adalah warisan turun temurun untuk dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi generasi penerus. Menjaga kesucian pura-pura yang ada di Bali dan menjalankan tradisi dan adat budaya adalah salah satu contohnya. Selanjutnya saya akan bahas obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Pura Uluwatu. PUra Uluwatu ini berlokasi di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Pura yang sangat terkenal di kalangan wisatawan dunia karena letaknya yang ajaib dan bernilai spiritual tinggi. Pura Uluwatu terletak di ketinggian 97 meter tepat di atas anjungan batu karang laut samudera Hindia. Hantaman ombak laut yang terus menerus tidak menggoyahkan keberadaan Pura Uluwatu tetapi malah menambah daya magis tempat ini. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut Alas Kekeran, yang berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

Pura Uluwatu Bali
Pura Uluwatu Bali
SEKITAR PURA ULUWATU

Didalam bahasa Bali Uluwatu berarti pura yang berada diujung batu, Pemandangan Sunset di Obyek wisata Pura Uluwatu sangatlah indah nan menawan. Bagi para wisatawan yang senang berselancar, banyak obyek pantai disekitar Pura Uluwatu  yang sangat cocok karena memiliki ombak yang cukup besar dan beraturan. Bahkan sering diselenggarakan event-event besar kejuaraan selancar dunia.  Salah satu pantai tersebut dikenal dengan sebutan Blue Point Beach atau pantai Pecatu.

Meskipun terpencil, obyek tersebut tidaklah sulit untuk ditemukan, apalagi jika anda mempunyai aplikasi Google Map. Tetapi jika anda ingin berlibur ke Bali dan masih bingung bagaimana cara menuju obyek wisata indah ini dengan mudah dan menyenangkan, Tiara Intan Bali Tour dengan jasa rental mobil bali ataupun paket wisata Bali kami siap menemani anda.

Ups..hehe maaf,  saya akan kembali membahas topik Pura Uluwatu untuk anda… 

Pura – pura yang ada di Bali merupakan tempat pemujaan dewa-dewa menurut ajaran agama Hindu. Di  Bali kebanyakan pura terletak di kawasan yang sulit dijangkau salah satunya adalah Pura Uluwatu ini. Ini dikarenakan pada jaman dahulu pembangunan pura tidak dilakukan di sembarang tempat, tetapi ditentukan setelah melalui proses meditasi untuk mendapatkan petunjuk dari Sang Kuasa. Kawasan meletakkan bangunan suci tersebut adalah tempat yang suci dengan aura magis yang kuat.  Yang berstana di pura Uluwatu ini adalah  Dewa Rudra dan merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh penganut agama Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin . Bagi wisatawan yang menyukai suatu nilai seni budaya bali, saya yakinkan anda datang ketempat yang sangat tepat karena diobyek ini juga setiap harinya sering digelar pertunjukkan.

Tari Kecak Pura Uluwatu Bali
Tari Kecak Bali
PERTUNJUKAN TARI KECAK

Tari Kecak yang diadakan disebuah ruangan terbuka dengan jumlah penari ±100 orang. Tari kecak sudah sangat terkenal di dunia karena kekompakkan dalam membawakan tarian dan nyanyian yang saling bertautan satu dengan penari yang lainnya. Para penari Kecak ini semua duduk melingkar, menunjukkan kekompakkan paduan suara  dengan nada yang berbeda tetapi indah didengar telinga. Suara cak,cak, cak cak dan cak  adalah ciri khas dari tarian tersebut yang diucapkan oleh penari laki-laki sambil bercengkrama dan saling bersahutan silih berganti. Seperti memberikan suasana misterius, tegang dan mencekamkan dari cerita yang dilakonkan. Para penari  pada umumnya adalah laki-laki dan satu perempuan yang berperan sebagai Tokoh Utamanya yaitu Dewa Rama dan  Dewi Sinta.

Lakon yang diceritakan biasanya adalah cerita Ramayana, yang dibantu oleh seekor kera putih sakti yang bergelar Hanoman. Intinya menceritakan sosok kepahlawanan dewa Rama dengan sang Anoman didalam melawan dan menghancurkan segala  kebatilan Rahwana yang menculik Dewi Sinta. Kisah ini memang sudah sangat terkenal. Tetapi di Pura Uluwatu Bali cerita Ramayana telah di rangkum sedemikian apiknya dengan gaya seni budaya khas bali dan sampai saat ini pun sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun internasional. Bahkan berkali – kali pun anda menonton tidak akan membuat anda bosan dan pastinya ingin kembali untuk melihatnya.

TIKET MASUK PURA ULUWATU BALI

Untuk memasuki Obyek wisata Pura Uluwatu para wisatawan di wajibkan untuk membeli tiket masuk, berikut ini akan saya infokan mengenai hal itu dibawah ini.

Tari Kecak Pura Uluwatu Bali
Tari Kecak Uluwatu Bali

Untuk memasuki Pura Luhur Uluwatu, anda akan di kenakan tiket masuk sebesar Rp.20.000 untuk domestik, dengan karcis parkir sebesar Rp.2000 untuk mobil, dan bila anda ingin menyaksikan tarian Kecak, anda akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp.100.000, di tempat pembelian tiket yang berbeda dari tempat pembelian tiket masuk ke kawasan Pura Uluwatu. Untuk lebih jelasnya saya sarankan anda untuk menggunakan jasa kami, klik⇒sewa mobil murah di Bali. Obyek terdekat dengan pura uluwatu ini adalah Pantai Jimbaran, Nusa dua beach, Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Pantai padang-padang, dsb.

klik ⇒ Peta Lokasi Pura Uluwatu

Jika anda masih bingung mencari letak lokasi dari pura tersebut, anda bisa mengklik Peta Lokasi diatas yang telah saya sediakan dan semoga bermanfaat bagi kelancaran didalam perjalanan anda di Bali dan Tiara Intan Bali Tours mengucapkan selamat berlibur di Pulau Dewata Bali.

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *