Ubud Bali merupakan destinasi wisata alam berupa perbukitan yang kaya dengan aktivitas seni dan budaya. Wisatawan yang berkunjung pun kebanyakan wisatawan yang usianya rata-rata diatas 40 tahun. Ubud memiliki iklim yang sejuk dan siapapun yang berkunjung kesana akan mendapatkan ketentraman dan juga ketenangan untuk melepas stress. Saat ini banyak wisatawan asing bahkan menetap dan bertempat tinggal di wilayah Ubud Bali. Dengan akses jalan yang bagus, sarana dan prasarana yang baik dan lengkap seperti hotel, villa, restoran dan pusat kebugaran membuat pariwisata di Ubud berkembanga sangat pesat. Berbagai pergelaran pertunjukan seni di pura atau istana Ubud setiap harinya membuat aktivitas seni di Ubud seperti tak ada habisnya. Berbagi galeri seni dan museum lukisan sangat mudah ditemukan disini. Museum Blanco, Muesum Puri Lukisan, Arma Museum dan Museum Neka sudah sangat terkenal ke mancanegara.

Para wisatawan juga bisa belajar banyak tentang seni dan budaya Bali di sini. Memasak masakan Bali melalui cooking class, belajar seni gamelan Bali atau tari Bali, belajar melukis adalah sebagian kegiatan yang bisa dilakukan di Ubud Bali ini. 

Ubud Bali
salah satu viila di ubud

Tiara Intan Bali Tours menawarkan  sewa mobil Bali dengan sopir dan Paket tour Bali Murah  ke Ubud dan objek wisata disekitarnya yang menakjubkan dengan harga terjangkau.

SEJARAH  DESA WISATA UBUD BALI

Sejarah Ubud dimulai pada abad ke 8. Sebuah catatan sejarah yang dituliskan pada daun lontar kuno, menceritakan tentang orang tua suci beragama Hindu dari India yang bernama Rsi Markandeya. Sebelum sampai di pulau Bali, Rsi Markandeya terlebih dahulu mengunjungi pulau Jawa dan bersemedi di Gunung Raung. Sang Rsi mendapatkan petunjuk untuk menyebarkan ajaran Hindu di Bali. Kemudian beliau mengajak ribuan pengikutnya untuk merambah hutan di Bali dengan sebelumnya menanam benda sakral yang disebut Panca Datu. Di kaki Gunung Agung, ditempat ditanamnya Panca Datu itu kemudian dikenal dengan nama Pura Besakih yang termasyur itu.

Saat Rsi Markandeya berada di pulau Bali, beliau juga merasakan energi luar biasa yang besar di daerah Campuhan Ubud yang saat ini bernama Pura Gunung Lebah.

Subak, Sistem Irigasi Sawah di Bali

Saat beliau berada di Bali, Rsi Markandeya juga membangun beberapa pura di daerah lain. Rsi Markandeya juga mengenalkan sistem irigasi  pertanian dan sistem terasering. Sistem pertanian ini sampai sekarang ini masih di pakai untuk pertaniaan. Oleh karena itu, saat anda berwisata di Ubud anda pastinya akan melihat deretan persawahan terasering dan pusat dari sistem pertanian dengan cara terasering pada khususnya berada di daerah Jatiluwih Bali dan sawah Tegalalang Ubud.

Selain mengajarkan sistem irigasi sawah, Rsi Markandeya juga mengajarkan akan sistem Banjar, yaitu sistem organisasi kemasyarakatan daerah setempat, yang bertanggung jawab perihal agama dan kegiatan adat istiadat masyarakat setempat. Sampai saat ini sistem Banjar masih di pakai di semua wilayah di pulau Bali dan akan selalu di lestarikan oleh masyarakat Bali. Nama tempat banjar itu disebut Balai Banjar,,kata yang mengikuti biasanya adalah nama desa itu sendiri,,seperti misalnya Balai Banjar Sengguan dan lain sebagainya. Semenjak abad ke 8 saat Rsi Markandeya menyatakan adanya energi suci dan besar di daerah Campuhan Ubud, sampai saat ini daerah Campuhan Ubud sangat di hormati oleh masyarakat Bali akan kekuatan spiritualnya. Nama Ubud berasal dari kata ubad (bahasa Bali) yang artinya obat. Karena disekitar daerah Campuhan Ubud, banyak ditemukan tanaman obat untuk pengobatan secara traditional.

Obyek wisata menarik di Ubud Bali antara lain;

♦  Sawah terasering Tegalalang Ubud,
♦  Desa Kokokan (Burung bangau putih) di desa Petulu,
♦  Pura Goa Gajah di desa Campuhan
♦  Monkey Forest
♦  Ubud Palace (Kerajaan Ubud)
♦  Pura Saraswati,
♦  Pasar seni Ubud, dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainya.

Berbagai macam aktivitas menarik dan terfavorit di Ubud : 

♦ Rafting di aliran sungai Ayung,
♦ Naik Gajah di desa Taro,
♦ Bersepeda menyusuri desa’desa di Ubud,
♦ Tracking menyusuri hutan,persawahan dan perbukitan di Ubud,
♦ Bermain ATV, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa anda coba lakukan di sini.

aktivitas favorit Ubud
Peta Lokasi Ubud Bali

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *